Mandi Air Hangat Bisa Bikin Tidur Lebih Baik

Kamis, 25 Juli 2019 - 21:30 WIB
Mandi Air Hangat Bisa Bikin Tidur Lebih Baik
Mandi Air Hangat Bisa Bikin Tidur Lebih Baik
A A A
JAKARTA - Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa seseorang dapat tertidur lebih cepat dan mengalami kualitas tidur yang lebih baik jika melakukan mandi air hangat selama 90 menit sebelum waktu tidur.

Insinyur biomedis di University of Texas-Austin telah menganalisis ribuan studi yang menghubungkan pemanasan tubuh pasif berbasis air, atau mandi dengan air hangat/ panas, dengan kualitas tidur yang ditingkatkan.

"Ketika kami melihat melalui semua studi yang diketahui, kami melihat perbedaan yang signifikan dalam hal pendekatan dan temuan," kata Shahab Haghayegh, penulis utama seperti dilansir The Indian Express.

"Satu-satunya cara untuk membuat penentuan yang akurat apakah tidur dapat lebih baik adalah dengan menggabungkan semua data masa lalu dan melihatnya melalui lensa baru,” tambahnya.

Bekerja sama dengan Pusat Ilmu Kesehatan UT di Houston dan University of Southern California, para peneliti meninjau 5.322 studi. Mereka menggunakan alat meta-analitik untuk menilai konsistensi antara studi yang relevan dan menunjukkan bahwa suhu optimal antara 104 dan 109 derajat Fahrenheit (40-42 derajat Celsius) meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan. Hasilnya diterbitkan dalam jurnal Sleep Medicine Reviews.

Mandi air hangat dijadwalkan satu-dua jam sebelum tidur, itu dapat mempercepat kecepatan tertidur rata-rata 10 menit. Dipahami bahwa tidur dan suhu inti tubuh kita diatur oleh jam sirkadian yang terletak di dalam hipotalamus otak yang menggerakkan pola 24 jam dari banyak proses biologis, termasuk tidur dan bangun.

Siklus sirkadian rata-rata orang ditandai oleh penurunan suhu tubuh inti sekitar 0,5 hingga 1 Fahrenheit sekitar satu jam sebelum waktu tidur biasa - turun ke tingkat terendah antara rentang waktu tidur tengah malam dan tengah. Kemudian mulai naik, bertindak sebagai semacam sinyal bangun jam alarm biologis.

Para peneliti menemukan waktu mandi yang optimal untuk pendinginan suhu tubuh inti untuk meningkatkan kualitas tidur adalah sekitar 90 menit sebelum tidur. (Baca juga: 10 Bahan Makanan yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Lemari Es ).

"Jika mandi diambil pada waktu biologis yang tepat - 1-2 jam sebelum tidur - mereka akan membantu proses sirkadian alami dan meningkatkan peluang seseorang untuk tidak hanya tertidur dengan cepat tetapi juga mengalami kualitas tidur yang lebih baik," tulis temuan tersebut.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2078 seconds (0.1#10.140)